Kamis, 06 Januari 2011

Aduuuhhh Tarif Kereta Ekonimi Naiiiikkkk!

Seperti diberitakan beberapa media tairf kereta ekonomi akan naik mulai sabtu besok. Apa gak salah? Gimana lagi? PT. KAI beralasan bahwa naiknya biaya operasional, aduuuhh alasan klasik.


Sebagaimana  dikutip oleh VIVAnews " kenaikkan tarif dianggap sesuatu hal yang wajar karena selama sembilan tahun tarif KRL dan KRD kelas ekonomi belum pernah naik. Padahal kebutuhan biaya segala lini operasional usaha meningkat seiring kenaikan harga bahan bakar." kata Mateta Kepala Humas Daop 1 PT KA.

Selama ini Perusahaan Plat Merah itu tidak pernah membuka laporan keuangannya kepada publik. Seharusnya ada audit independen terkait biaya operasional. Selama ini penumpang kereta selalu penuh dan berjubel, tentunya itu menjadi sumber pendapatan buat PT.KAI. Seharusnya PT,KAI sudah meraup untung dari penjualan tiket.

Terkait masalah pelayana rasanya hanya manis dibibir saja kalo kenaikan tarif ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan. Sejak dulu kenaikan tarif selalu diiringi dengan janji peningkatan pelayanan. Tapi kenyataanya pelayanan kerata api begitu-gitu saja. tak ada yang istimewa. Keterlamabatan, kereta mogok, gangguan signal, gerbongnya cuma sedikit merupakan pemandangan yang biasa. Kalo ada keterlambatan tidak pernah ada kompensasi kepada penumpang.

Sepertinya harus ada asosiasi atau perkumpulan penumpang kereta api yang nantinya harus ikut dalam penentuan tarif. Pemerintah tidak boleh menentukan tarif sepihak.

Kalo terus begini jangan heran kalo nanti para komutter kembali menggunakan sepeda motor sebagai alternatif alat transportasi yang murah dan cepat. Huuhhhh mamang kelebihan orang kecil itu ada dikesabarannya. semoga kita sebagai orang kecil dapat pahala atas kesabaran kita.

4 komentar:

  1. waw penumpangnya banyak (terlihat pada gambar artikel) diatur ya jangan ada yg ketinggalan

    BalasHapus
  2. @Soccer/足球新闻:betul sekali, dari lokomotif sampai atap penuh

    BalasHapus
  3. kunjungn balik nih ...
    tapikan hari ini pas saya dengar berita, harga tiketnya turun lagi ... dan nggak jelas apa sebabnya .... huhuhu

    BalasHapus
  4. @fahrizal: semoga pembatalannya tidak sementara sob

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini