Halaman

Jumat, 21 Januari 2011

Gaji Presiden Gak Naik-naik, Presiden Berkeluh Kesah

Peran meda masa baik itu media cetak, TV maupun media online sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan masyarkat. Pemberitaan yang cepat dan ulasan yang tajam membuat setiap orang harus hati-hati dalam mengeluarkan pendapat. Kalo kemarin kita selalu disuguhkan berita tentang masalah gayus dan segala macam pernak-perniknya, sekarang bagain Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pernyataannya disela-sela pidatonya dihadapan para petinggi TNI mengenai gaji presiden yang suda 7 tahun tidak naik-naik menjadi sasaran media masa. Semua media di Indonesia memberitakanya. Ya itulah resiko orang terkenal, lebih-lebih seorang pimpinan pemerintahan. Rakyatpun bereaksi atas pernyataan presiden tersebut, ada yang pro dan tentu saja banyak juga yang kontra.

Setelah saya searching, saya memperoleh data kalo gaji Presiden SBY pada tahun 2006 (dan belum naik-naik itu)  sekitar Rp62,497 juta per bulan .Dibandingkan gaji gubernur Bank Indonesia (BI),Rp265 juta per bulan, gaji presiden memang tidak terlalu tinggi.Namun,dana operasional taktis presiden per bulan tinggi, Rp2 miliar.Adapun gaji wakil presiden adalah Rp42,548 juta dengan dana operasional Rp1 miliar. Berdasar survei majalah The Economist, Juli 2010, gaji Presiden SBY mencapai USD124.000 atau setara Rp1,1 miliar per tahun.

Gaji Presiden SBY menduduki peringkat ke-16 terbesar di dunia dan mencapai 28 kali pendapatan per kapita penduduk Indonesia. Jika dibandingkan pemimpin negara Asia yang lain,gaji Presiden SBY relatif besar. Sebagai perbandingan, pemimpin China hanya bergaji USD10.633 (Rp96 juta) per tahun atau dua kali lipat dari pendapatan per kapita penduduknya. Pemimpin India hanya digaji USD4.106 (Rp37,2 juta).

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong merupakan pemimpin negara dengan gaji terbesar, yakni USD2,18 juta per tahun atau setara Rp20 miliar.Jumlah tersebut 40 kali lipat dari pendapatan per kapita warga Singapura. Pimpinan negara yang masuk jajaran lima besar tertinggi adalah Kepala Eksekutif Hong Kong Donald Tsang (USD513.000 per tahun), Presiden Kenya Mwai Kibaki (USD423.000),Presiden AmerikaSerikat Barack Obama (USD400.000), dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy (USD 302.000).

Terlepas dari berapa jumlah gaji Presiden, sebenarnya yang menjadi fokus saya adalah kenapa presiden mengeluhkan hal ini? Sebelum menjadi presiden seharusnya Bapak SBY sudah tahu berapa gaji seorang Presiden. Apalagi Bapak SBY adalah orang yang sebelumnya berkarir di pemerintahan, jadi pasti tahu berapa gaji presiden. Presiden seharusnya merupakan jabatan pengabdian dan bukan untuk mencari penghidupan.

7 komentar:

  1. ko' memikirkan gaji sih...tuh lihat rakyat kita yang masih dibawah keiskinan...

    BalasHapus
  2. hehe, maklum presiden lagi cari uang kembali,,, gaji 1 periode tidak bisa buat gantiin biaya untuk mencalonkan lagi. makanya banyak korupsi dimana-mana. wong nyalon aja pakai duit...

    BalasHapus
  3. wah ... kalau Presiden saja berkeluh-kesah, apa lagi pegawai renadahan yg sudah bertahun2 boro2 naik, malah turun .... he3x

    BalasHapus
  4. hemm gajiku aja gak naik-naik, kenapa pemimpin duluan yang minta naik??? perlu direnungkan tuh...

    BalasHapus
  5. sama pak, gaji saya juga nggak pernah naek2 hehehe :D

    BalasHapus
  6. bagus sekali nih artikelnya, comment back ya :D


    #salam blogger dari Yousake NKRI

    BalasHapus
  7. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini