Halaman

Sabtu, 15 Januari 2011

Credit Cards

Credit Cards sekarang sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat perkotaan khususnya kalangan masyarakat dari kelompok ekonomi menengah ke atas. Satu orang saja bisa memiliki beberapa kartu kredit, bahkan mungkin sebagain orang yang memiliki Credit Cards ini memilikinya lebih dari satu.


Bank sebagai Credit Cards Provider sangat gencar dalam melakukan promsi Credit Cards ini. Banyak dari bank yang bekerjasama dengan beberapa merchant besar seperti BCA dengan Carrefour, City dengan Giant, Mandiri dengan Hypermart dan masih banyak lagi contoh yang lain. Ada juga beberapa bank yang kekerjasama dengan beberapa maskapai penerbangan dengan memberikan beberapa keuntungan bagi pemegang Credit Cards tersebut.


Perlukah Credit Cards?
 Pertanyaan "perlukan Credit Cards?" sebenarnya itu sangat personal.Bagi sebagian kalangan Credit Cards ini sangat penting sehingga kalo tidak ada Credit Cards ini aktifitas ekonominya akan sedikit terganggu. Namun bagi sebagian masyarakat Credit Cards belum perlu karena memang tidak ada kepentingannya dengan Credit Cards. Hal ini bisa terjadi bagi masyarakat pedesaan yang memang tidak ada fasilitas Credit Cards di daerahnya. Yang harus diingat adalah "Pakailah Credit Cards saat anda benar-benar membutuhkannya!". Jangan karena gengsi atau ikut-ikutan saja. Apakah anda memang benar-benar sudah membutuhkan Credit Cards? ya itu tergantung dari anda sendiri.

Keuntungan Credit Cards
Credit Cards bagi sebagian orang sangat membantu sekali dalam beraktifitas. Beberapa Credit Cards memberikan keuntungan bagi penggunanya seperti:
  • Praktis. Anda tidak harus membawa Cash Money dalam jumlah besar ketika akan bepergian atau ketika anda mau belanja. Keadaan ini sangat baik untuk keamanan anda karena dengan tidak membawa cash money resiko kehilangan uang semakin kecil. Selain mengurangi resiko kehilangan, anda juga tidak perlu khawatir dengan tempat penyimpanan.
  •  Pembayaran yang ditangguhkan. Ketika anda berbelanja dengan Credit Cards, anda tidak usah langsung mengeluarkan uang anda, karena anda baru akan ditagih untuk belanja anda tersebut pada bulan berikutnya sesuai dengan batas jatuh tempo pada waktu pertama kali anda membuat Credit Cards. Bagi orang yang penghasilannya pas-pasan seperti saya ini, hal ini sangat membantu.
  • Promosi yang ditawarkan Credit Cards. Setiap penyedia layanan Credit Cards biasaya bekerjasama dengan beberapa merchant sebagaimana disebutkan di atas. Biasanya setiap merchant memberikan discount  bagi pelanggan yang melakukan pembayaran dengan Credit Cards yang bekerjasama dengannya. Selain discount, beberapa Credit Cards biasanya memberikan keuntungan lain berupa cicilan belanja dengan bunga 0%.
Keuntungan Lain Credit Cards
  • Bagi anda yang sering melakukan transaksi online. Credit Cards adalah solusi pembayaran. Banyak dari penjual online mensyaratkan pembayarannya dengan menggunkan Credit Cards.
  • Perifikasi Paypal. Bagai mana dengan yang ini? Rasanya sudah jelas ya dan anda lebih tau :)
 Hati-hati Dalam Menggunakan Credit Cards
Credit Cards dirancang oleh pembuatnya dengan memperhatikan faktor keamanan dalam bertransaksi. Namun demikian tetap saja tidak ada satu pun sistem keamanan yang sempurna. Masih ingat kasus scaning ATM dan Pemalsuan Credit Cards beberapa tahun yang lalu? Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, lakukan lah hal-hal sebagai berikut:
  • Jangan memindahtangankan Credit Cards anda;
  • Kalau menggunakan PIN, jangan beritahukan kepada orang lain ;
  • Jangan informasikan Nomor Credit Cards yang ada di belakang Credit Cards anda;
  • Simpanlah semua bukti transaksi anda; 
 Credit Cards diciptakan untuk memberikan kemudahan untuk konsumennya, namun tentu saja ada resiko yang harus ditanggung pemengan Credit Cards. Jadi cobalah bijak dalam menggunakan Credit Cards. Jangan mudah tergiur dengan promo-promo yang menawarkan diskon besar pada barang-banrang yang sebenarnya tidak anda butuhkan. Ingat "Hanya beli barang yang anda butuhkan dan bukan yang anda inginkan!"

3 komentar:

  1. Salam sahabat jadi tahu bagaimana crredit card oh Iyauntrue tukar links menyusul ya soalnya masih ol pakai hp susah loadingnya.terima kasih

    BalasHapus
  2. bagi bbrp org memiliki CC adlh suatu keperluan, ada juga yg sbg gengsi...ini nih yg nyenegin penerbit kartu bunganya lumayan kalo nunggak... :D

    BalasHapus
  3. wah saya mah ga punya euy.. jadi ga banyak tau tentang kartu keredit ini :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini